Angga Noviar Cipta Pahlevi UMSIDA | Rangkuman Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Perkenalkan sobat pembaca saya Angga Noviar Cipta Pahlevi, saya merupakan mahasiswa semester 4 Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Membuat Resume ini merupakan salah satu dari penilaian yang diberikan demi menyelesaikan Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak di Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
----------------------------------------------------------------
Resume Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
----------------------------------------------------------------
SISTEM INFORMASI PERMINTAAN BANTUAN IT
BERBASIS WEB
1.1.
Judul
Sistem
Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web
1.2.
Latar Belakang
Dalam suatu instansi atau perusahaan menggunakan
perangkat atau peralatan Teknologi Informasi seperti komputer, laptop, gawai
merupakan hal yang tidak bisa lepas dari proses bisnis yang dilaksanakannya,
peralatan – peralatan ini selalu ada dan tidak lepas juga dengan internet.
Dengan bantuan peralatan teknologi informasi ini perkerjaan pembukuan seperti
pencatatan transaksi jual beli, barang keluar masuk, pencetakan dokumen,
penyimpanan dokumen, pencarian informasi seluruhnya dibantu dengan peralatan
teknologi informasi ini.
Seperti halnya dengan peralatan lain seperti kendaraan
bermotor yang jika sering digunakan pasti memerlukan suatu pemeliharaan atau
biasanya terdapat kondisi kendaraan ini tidak bekerja sebagaimana mestinya,
tentu kita akan memanggil montir untuk melakukan perbaikan jika hal ini
terjadi. Sama dengan hal itu pemeliharaan peralatan teknologi informasi perlu
dilakukan oleh orang yang berkompeten dibidangnya. Disinilah kita memerlukan
pemeliharaan perangkat teknologi informasi oleh Tim IT perusahaan/Instansi demi
memastikan perangkat teknologi informasi yang kita gunakan tetap berjalan
dengan baik.
Demi melaksanankan pemeliharaan maupun perbaikan yang
optimal perlu diketahui penyebab dari keganjalan yang sedang terjadi disini
komunikasi dan informasi sangat diperlukan antar pemilik peralatan dan tim
teknis. Namun ada kalanya permasalahn terjadi bersamaan dan dalam jumlah yang
tidak seimbang dengan tim teknis yang mampu menangani setiap permasalahan pada
peralatan teknologi informasi. Diperlukannya prioritas, antrian dan data yang
optimal demi pelayanan yang optimal dalam mengatasi permasalah pada peralatan teknologi
informasi pada sebuah instansi/perusahaan.
Demi dapat melaksanakan hal tersebut aplikasi ini
diharapkan dapat memberikan diskripsi awal terhadap permasalahan yang dialami
staff perusahaan/instansi serta sebagai dasar persiapan tim teknis bertindak agar
lebih efisien dan optimal, sesuai dengan antrian maupun prioritas pemeliharaan
yang sesuai. Selain itu hasil dari histori permasalahan yang didapat, dapat
digunakan sebagai dasar proses Analisa untuk gambaran awal bagaimana keadaan
perangkat teknologi informasi pada instansi tersebut untuk pemeliharaan,
perbaikan, dan pengembangan.
1.3.
Rumusan Masalah
1. Kurangnya
efisiensi penanganan terhadap permasalahan dalam Perangkat teknologi inforrmasi
instansi karena kurang informasi yang diperoleh.
2. Tidak
adanya dasar histori atau track record pemeliharaan sebagai dasar keadaan
perangkat teknologi informasi pada Instansi terkait.
1.4.
Tujuan
1.
Meningkatkan antrian dan
prioritas demi efisiensi pemeliharaan terhadap permasalahan perangkat teknologi
informasi dengan informasi yang optimal.
2.
Mendapatkan data
pemeliharaan sebagai dasar mengetahui dan gambaran awal akan status segala
perangkat teknologi informasi yang ada di Instansi untuk pemeliharaan,
perbaikan, dan pengembangan.
FLOWCHART, DFD, ERD, DAN UML
2.1.
Flowchart Program
Dalam sebuah Sistem
Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web diperlukan sebuah flowchart. Flowchart sendiri merupakan diagram alir
yang gunanya untuk menunjukkan proses jalannya identifikasi sistem aplikasi
yang akan dibuat.
Flowchart Program Untuk
Admin
Gambar 2.1. Flowchart Aplikasi pada Admin
Penjelasan:
Dalam flowchart admin akan melewati proses
login & logout untuk mengakses & menutup aplikasi. Ketika Login akan menemukan sebuah halaman utama atau
dashboard yang isinya yakni : data tiket untuk mengetahui detail tiket yang dipesan, menu user untuk menampilkan data user, dan logout untuk keluar dan kembali ke index.
Flowchart
Program Untuk User
Gambar 2.2. Flowchart Aplikasi Pada User
Penjelasan :
Proses
berjalannya user akan melewati proses login & logout, Sebelum dan sesudah
menggunakan aplikasi.
Secara keseluruhan proses yang dapat di lakukan User yakni login dan akan menampilkan halaman utama yang
berisi daftar tiket yang pernah dibuat, tiket
sedang aktif serta dapat membuat tiket
jika terdapat permasalahan untuk disampaikan ke Tim IT.
2.2.
Data
Flow Diagram
2.2.1. DFD Level 0
DFD level 0 biasanya disebut dengan diagram
system inti (fundamental system model) atau diagram konteks.
Arah panah dari aliran data menunjukkan
aliran data berupa data masukan (input) dan keluaran (output) ke dalam proses perangkat lunak yang dirancang.
Proses ini adalah proses mengelola Sistem
Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web.
Diagram konteks diatas
juga terdiri dari dua entitas
luar sebagai berikut:
Gambar 2.3. DFD level 0 (konteks)
Tabel 2.1. Diagram DFD Level 0 (konteks)
Entitas Luar |
Keterangan |
User |
User/pengguna aplikasi jika terdapat
perlengkapan TI yang bermasalah, user dapat membuka aplikasi melalui
website dan login kemudian melakukan permintaan bantuan (tiket) untuk
melakukan request. |
Admin |
Admin merupakan orang yang bertugas
untuk mengatur segala data pada aplikasi ini. Admin mengelolah data tabel tiket
permintaan bantuan dan mengelola data tabel user, maka dari itu aliran data
yang masuk (input) adalah: ·
Data User untuk proses mengelolah data user
yang ada termasuk data admin ·
Data tiket untuk mengelola data tiket yang
sedang terbuka untuk ditindaklanjuti |
2.2.2. DFD
Level 1
Berikut ini adalah gambar DFD
level 1 dengan mendekomposisi (proses mengelola sistem informasi aplikasi media
edukasi dan pengenalan olahragawan bulutangkis Indonesia baik oleh user maupun
admin.
Gambar
2.4. DFD Level 1
Penjelasan :
Data Flow Diagram(DFD) level 1 diatas merupakan
gambaran yang lebih detail pada Sistem
Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web. DFD tersebut
merupakan alur kerja secara terstruktur. Ketika user melakukan login, system akan
menampilkan data-data tiket yang pernah dibuat sebelumnya beserta progress atas
tiket tersebut berdasarkan hasil resume dari tim IT. User juga dapat membuat
tiket permintaan bantuan kepada tim IT jika terjadi permasalahan pada perangkat
IT atau aplikasi yang digunakan.
Untuk Admin,
setelah melakukan login, admin akan masuk ke halaman awal admin (Dashboard) dan
akan ditampilkan review tiket yang sudah ada dari seluruh user dan tiket –
tiket bantuan yang sedang open atau perlu tindakan. Terdapat proses untuk
mengelola user untuk mengganti data user serta menambah user baru.
2.3.
Entity
Relation Diagram
ERD (Entity
Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data
dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan
antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk
menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Gambar 2.5. ERD Aplikasi
Penjelasan:
Dalam
aplikasi ini terdapat entitas berupa Admin, User, Tiket Permintaan Bantuan yang
didalam user yang memilih nama dan nomer telepon, dan pada entitas Permintaan
Bantuan akan mengetahui nama yang melakukan permintan, kategori permintaan
serta deskripsi dari permintaan bantuan yang dibutuhkan.
Tabel 2.2. Tabel ERD
No. |
Nama Entitas |
Atribut |
Keterangan |
1 |
User |
·
Id_user ·
nama ·
no_telp ·
Jabatan ·
Departemen |
Tabel User berelasi dengan tabel Permintaan
Bantuan IT |
2 |
Admin |
·
Id_user ·
nama ·
no_telp ·
Jabatan ·
Departemen |
Tabel Admin berelasi dengan tabel Permintaan
Bantuan IT |
3 |
Permintaan_Bantuan |
·
Ide_Tiket ·
Kategori ·
Deskripsi ·
Status ·
Tanggal
|
Tabel Permintaan Bantuan berelasi dengan table User
dan Admin |
2.4.
Unified
Modelling Language
UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi
terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan
singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara
untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau
sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena
developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode
program.
2.4.1.
Use Case
Diagram
Use Case Diagram adalah gambaran grafis dari beberapa atau semua actor,
use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case
diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi
hanya memberi gambaran singkat hubungan antara use case, aktor, dan sistem. Di
dalam use case ini akan diketahui fungsi-fungsi apa saja yang berada pada
sistem yang dibuat.
Gambar
2.6. Use Case Diagram Aplikasi
Penjelasan :
Admin bisa mengakses dan mengelola data User, Admin, Tiket. Sedangkan untuk User, user masuk ke menu utama, user dapat membuat tiket memantau
progress serta mengatur profilnya.
2.4.2. Activity
Diagram
Activity diagram atau dalam bahasa Indonesia
berarti diagram aktivitas, merupakan sebuah diagram yang dapat memodelkan
berbagai proses yang tejadi pada sistem. Seperti layaknya runtutan proses
berjalannya suatu sistem dan digambarkan secara vertikal. Activity diagram
adalah salah satu contoh diagram dari UML dalam pengembangan dari Use Case
Gambar
2.7. Activity Diagram Login
Penjelasan :
Activity
diagram diatas menunjukan alur bagaimana admin/user melakukan verifikasi akun
untuk login dari akun yang dimasukan melalui halaman login system akan
melakukan pencekan akun yang ada dalam system jika akun terverifikasi
user/admin dapat berhasil masuk kedalam system aplikasi, jika tidak akan
Kembali ke halaman login.
Gambar
2.8. Activity Diagram Admin
Penjelasan :
Activity
Diagram diatas menunjukan alur Admin dari awal membuka halaman awal admin
kemudian tampil data permintaan yang ada dari kesuluran tiket, tiket sedang
terbuka dan statusnya kemudian melakukan pengecekan tiket yang sedang terbuka
serta detail tiket tersebut. Berdasarkan deskripsi tiket admin melakukan
komunikasi dengan user pembuat tiket dan menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan
hasil permasalahan yang telah dilaksanakan Admin memasukan resume apakah
selesai untuk tiket yang sedang dilaksanakan atau tidak. Jika belum akan
melakukan kunjungan ulang jika sudah akan dimasukan pada resume atas tindakan
yang dilakukan kemudian disimpan dalam system, notifikasi juga akan
tersampaikan kepada user.
Gambar
2.9. Activity User membuat Tiket Permintaan
Penjelasan :
Activity
Diagram diatas menunjukan alur user dalam membuat tiket permintaan bantuan dari
membuka awal halaman user kemudian terdapat list permintaan bantuan yang pernah
dibuat sebelumnya. Kemudian untuk membuat tiker permintaan bantuan baru dengan
menginput data-data yang diperlukan sebagai informasi permasalahan dan
mengirimnya melalui system. Tim IT akan menghubungi dan berkomunikasi untuk
menyelesaikan tiket. Hasil komunikasi akan di input dalam resume tiket apakah
tiket terselesaikan atau tidak. Jika tiket tidak terselaikan akan dijadwalkan
ulang namun jika terselesaikan akan mendapat notif, segala aktifitas akan
disimpan ke dalam system.
USER INTERFACE
3.1.User Interface
Form Login
Admin
Dashboard
Admin Cek Semua Tiket
Admin Kelola User
Admin Cek Tiket
User Dashboard
User membuat tiket permintaan
INFOGRAFIS
Di atas merupakan resume untuk Praktikum Jaringan Komputer. Sekian dari saya mohon maaf jika terdapat kurangnya. Terimakasih untuk yang telah meluangkan waktu untuk membaca semuanya dan atas apresiasinya.
Comments
Post a Comment