Angga Noviar Cipta Pahlevi UMSIDA | Rangkuman Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak

 


Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Perkenalkan sobat pembaca saya Angga Noviar Cipta Pahlevi, saya merupakan mahasiswa semester 4 Program Studi InformatikaFakultas Sains dan Teknologi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Membuat Resume ini merupakan salah satu dari penilaian yang diberikan demi menyelesaikan Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak di Program Studi InformatikaFakultas Sains dan Teknologi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.


----------------------------------------------------------------
Resume Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
----------------------------------------------------------------

LAMPIRAN 1
SISTEM INFORMASI PERMINTAAN BANTUAN IT
BERBASIS WEB

1.1. Judul

Sistem Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web

 

1.2. Latar Belakang

Dalam suatu instansi atau perusahaan menggunakan perangkat atau peralatan Teknologi Informasi seperti komputer, laptop, gawai merupakan hal yang tidak bisa lepas dari proses bisnis yang dilaksanakannya, peralatan – peralatan ini selalu ada dan tidak lepas juga dengan internet. Dengan bantuan peralatan teknologi informasi ini perkerjaan pembukuan seperti pencatatan transaksi jual beli, barang keluar masuk, pencetakan dokumen, penyimpanan dokumen, pencarian informasi seluruhnya dibantu dengan peralatan teknologi informasi ini.

Seperti halnya dengan peralatan lain seperti kendaraan bermotor yang jika sering digunakan pasti memerlukan suatu pemeliharaan atau biasanya terdapat kondisi kendaraan ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, tentu kita akan memanggil montir untuk melakukan perbaikan jika hal ini terjadi. Sama dengan hal itu pemeliharaan peralatan teknologi informasi perlu dilakukan oleh orang yang berkompeten dibidangnya. Disinilah kita memerlukan pemeliharaan perangkat teknologi informasi oleh Tim IT perusahaan/Instansi demi memastikan perangkat teknologi informasi yang kita gunakan tetap berjalan dengan baik.

Demi melaksanankan pemeliharaan maupun perbaikan yang optimal perlu diketahui penyebab dari keganjalan yang sedang terjadi disini komunikasi dan informasi sangat diperlukan antar pemilik peralatan dan tim teknis. Namun ada kalanya permasalahn terjadi bersamaan dan dalam jumlah yang tidak seimbang dengan tim teknis yang mampu menangani setiap permasalahan pada peralatan teknologi informasi. Diperlukannya prioritas, antrian dan data yang optimal demi pelayanan yang optimal dalam mengatasi permasalah pada peralatan teknologi informasi pada sebuah instansi/perusahaan.

Demi dapat melaksanakan hal tersebut aplikasi ini diharapkan dapat memberikan diskripsi awal terhadap permasalahan yang dialami staff perusahaan/instansi serta sebagai dasar persiapan tim teknis bertindak agar lebih efisien dan optimal, sesuai dengan antrian maupun prioritas pemeliharaan yang sesuai. Selain itu hasil dari histori permasalahan yang didapat, dapat digunakan sebagai dasar proses Analisa untuk gambaran awal bagaimana keadaan perangkat teknologi informasi pada instansi tersebut untuk pemeliharaan, perbaikan, dan pengembangan.

 

1.3. Rumusan Masalah

1.      Kurangnya efisiensi penanganan terhadap permasalahan dalam Perangkat teknologi inforrmasi instansi karena kurang informasi yang diperoleh.

2.      Tidak adanya dasar histori atau track record pemeliharaan sebagai dasar keadaan perangkat teknologi informasi pada Instansi terkait.

 

1.4. Tujuan

1.      Meningkatkan antrian dan prioritas demi efisiensi pemeliharaan terhadap permasalahan perangkat teknologi informasi dengan informasi yang optimal.

2.      Mendapatkan data pemeliharaan sebagai dasar mengetahui dan gambaran awal akan status segala perangkat teknologi informasi yang ada di Instansi untuk pemeliharaan, perbaikan, dan pengembangan.

 

 

LAMPIRAN 2
FLOWCHART, DFD, ERD, DAN UML

 

2.1.       Flowchart Program

 

Dalam sebuah Sistem Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web diperlukan sebuah flowchart. Flowchart sendiri merupakan diagram alir yang gunanya untuk menunjukkan proses jalannya identifikasi sistem aplikasi yang akan dibuat.

 

Flowchart Program Untuk Admin



Gambar 2.1. Flowchart Aplikasi pada Admin

 

Penjelasan:

Dalam flowchart admin akan melewati proses login & logout untuk mengakses & menutup aplikasi. Ketika Login akan menemukan sebuah halaman utama atau dashboard yang isinya yakni : data tiket untuk mengetahui detail tiket yang dipesan, menu user untuk menampilkan data user, dan logout untuk keluar dan kembali ke index.


Flowchart Program Untuk User



Gambar 2.2. Flowchart Aplikasi Pada User

Penjelasan :

Proses berjalannya user akan melewati proses login & logout, Sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi. Secara keseluruhan proses yang dapat di lakukan User yakni login dan akan menampilkan halaman utama yang berisi daftar tiket yang pernah dibuat, tiket sedang aktif  serta dapat membuat tiket jika terdapat permasalahan untuk disampaikan ke Tim IT.

 

2.2.       Data Flow Diagram

 

2.2.1.      DFD Level 0

DFD level 0 biasanya disebut dengan diagram system inti (fundamental system model) atau diagram konteks. Arah panah dari aliran data menunjukkan aliran data berupa data masukan (input) dan keluaran (output) ke dalam proses perangkat lunak yang dirancang.

 

Proses ini adalah proses mengelola Sistem Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web. Diagram konteks diatas juga terdiri dari dua entitas luar sebagai berikut:

 


Gambar 2.3. DFD level 0 (konteks)

  

Tabel 2.1. Diagram DFD Level 0 (konteks)

Entitas Luar

Keterangan

User

User/pengguna aplikasi jika terdapat perlengkapan TI yang bermasalah, user dapat membuka aplikasi melalui website dan login kemudian melakukan permintaan bantuan (tiket) untuk melakukan request.

Admin

Admin merupakan orang yang bertugas untuk mengatur segala data pada aplikasi ini. Admin mengelolah data tabel tiket permintaan bantuan dan mengelola data tabel user, maka dari itu aliran data yang masuk (input) adalah:

·           Data User untuk proses mengelolah data user yang ada termasuk data admin

·           Data tiket untuk mengelola data tiket yang sedang terbuka untuk ditindaklanjuti


2.2.2.      DFD Level 1

Berikut ini adalah gambar DFD level 1 dengan mendekomposisi (proses mengelola sistem informasi aplikasi media edukasi dan pengenalan olahragawan bulutangkis Indonesia baik oleh user maupun admin.



Gambar 2.4. DFD Level 1

Penjelasan :

Data Flow Diagram(DFD) level 1 diatas merupakan gambaran yang lebih detail pada Sistem Informasi Permintaan Bantuan IT Berbasis Web. DFD tersebut merupakan alur kerja secara terstruktur. Ketika user melakukan login, system akan menampilkan data-data tiket yang pernah dibuat sebelumnya beserta progress atas tiket tersebut berdasarkan hasil resume dari tim IT. User juga dapat membuat tiket permintaan bantuan kepada tim IT jika terjadi permasalahan pada perangkat IT atau aplikasi yang digunakan.

Untuk Admin, setelah melakukan login, admin akan masuk ke halaman awal admin (Dashboard) dan akan ditampilkan review tiket yang sudah ada dari seluruh user dan tiket – tiket bantuan yang sedang open atau perlu tindakan. Terdapat proses untuk mengelola user untuk mengganti data user serta menambah user baru.

 

2.3.       Entity Relation Diagram

 

ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.



Gambar 2.5. ERD Aplikasi

Penjelasan:

Dalam aplikasi ini terdapat entitas berupa Admin, User, Tiket Permintaan Bantuan yang didalam user yang memilih nama dan nomer telepon, dan pada entitas Permintaan Bantuan akan mengetahui nama yang melakukan permintan, kategori permintaan serta deskripsi dari permintaan bantuan yang dibutuhkan.

Tabel 2.2. Tabel ERD

 

No.

Nama Entitas

Atribut

Keterangan

1

User

·      Id_user

·      nama

·      no_telp

·      Jabatan

·      Departemen

Tabel User berelasi dengan tabel Permintaan Bantuan IT

2

Admin

·      Id_user

·      nama

·      no_telp

·      Jabatan

·      Departemen

Tabel Admin berelasi dengan tabel Permintaan Bantuan IT

3

Permintaan_Bantuan

·      Ide_Tiket

·      Kategori

·      Deskripsi

·      Status

·      Tanggal

 

Tabel Permintaan Bantuan berelasi dengan table User dan Admin


2.4.   Unified Modelling Language

 

UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program.

 

2.4.1.       Use Case Diagram

 

Use Case Diagram adalah gambaran grafis dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara use case, aktor, dan sistem. Di dalam use case ini akan diketahui fungsi-fungsi apa saja yang berada pada sistem yang dibuat.


Gambar 2.6. Use Case Diagram Aplikasi

 

Penjelasan :

Admin bisa mengakses dan mengelola data User, Admin, Tiket. Sedangkan untuk User, user masuk ke menu utama, user dapat membuat tiket memantau progress serta mengatur profilnya.


2.4.2.       Activity Diagram

 

Activity diagram atau dalam bahasa Indonesia berarti diagram aktivitas, merupakan sebuah diagram yang dapat memodelkan berbagai proses yang tejadi pada sistem. Seperti layaknya runtutan proses berjalannya suatu sistem dan digambarkan secara vertikal. Activity diagram adalah salah satu contoh diagram dari UML dalam pengembangan dari Use Case

Gambar 2.7. Activity Diagram Login

Penjelasan :

Activity diagram diatas menunjukan alur bagaimana admin/user melakukan verifikasi akun untuk login dari akun yang dimasukan melalui halaman login system akan melakukan pencekan akun yang ada dalam system jika akun terverifikasi user/admin dapat berhasil masuk kedalam system aplikasi, jika tidak akan Kembali ke halaman login.


Gambar 2.8. Activity Diagram Admin

Penjelasan :

 

Activity Diagram diatas menunjukan alur Admin dari awal membuka halaman awal admin kemudian tampil data permintaan yang ada dari kesuluran tiket, tiket sedang terbuka dan statusnya kemudian melakukan pengecekan tiket yang sedang terbuka serta detail tiket tersebut. Berdasarkan deskripsi tiket admin melakukan komunikasi dengan user pembuat tiket dan menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan hasil permasalahan yang telah dilaksanakan Admin memasukan resume apakah selesai untuk tiket yang sedang dilaksanakan atau tidak. Jika belum akan melakukan kunjungan ulang jika sudah akan dimasukan pada resume atas tindakan yang dilakukan kemudian disimpan dalam system, notifikasi juga akan tersampaikan kepada user.




Gambar 2.9. Activity User membuat Tiket Permintaan

Penjelasan :

 

Activity Diagram diatas menunjukan alur user dalam membuat tiket permintaan bantuan dari membuka awal halaman user kemudian terdapat list permintaan bantuan yang pernah dibuat sebelumnya. Kemudian untuk membuat tiker permintaan bantuan baru dengan menginput data-data yang diperlukan sebagai informasi permasalahan dan mengirimnya melalui system. Tim IT akan menghubungi dan berkomunikasi untuk menyelesaikan tiket. Hasil komunikasi akan di input dalam resume tiket apakah tiket terselesaikan atau tidak. Jika tiket tidak terselaikan akan dijadwalkan ulang namun jika terselesaikan akan mendapat notif, segala aktifitas akan disimpan ke dalam system.

 

 


LAMPIRAN 3
USER INTERFACE

 

3.1.User Interface



Form Login

 


Admin Dashboard

 

 

 


 

 

Admin Cek Semua Tiket



Admin Kelola User



Admin Cek Tiket

 

 

User Dashboard

 


User membuat tiket permintaan



 

LAMPIRAN 4 & 5
INFOGRAFIS

 






Di atas merupakan resume untuk Praktikum Jaringan Komputer. Sekian dari saya mohon maaf jika terdapat kurangnya. Terimakasih untuk yang telah meluangkan waktu untuk membaca semuanya dan atas apresiasinya.


Comments

Popular posts from this blog

Angga Noviar Cipta Pahlevi UMSIDA | Rangkuman Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek

Angga Noviar Cipta Pahlevi UMSIDA | Rangkuman Praktikum Jaringan Komputer